Sabtu, 02 Agustus 2014

Para pembunuh presiden amerika, ada 4 orang presiden yang dibunuh dengan cara di tembak, berikut adalah orang-orang yang bertanggung jawab atas pembunuhan presiden di amerika.

1. John Wilkes Booth Pembunuh Abraham Lincoln



John Wilkes Booth lahir di maryland pada 10 Mei 1838, ayahnya adalah Junius Brutus Booth, seorang aktor dengan gaya eksentrik, ayahnya juga dikenal sebagai seorang pemabuk. karir john wilkes booth
sebagai aktor dimulai dari Milton Boarding School, karirnya sebagai aktor melonjak dengan sangat cepat tapi, karena gangguan pernapasan pada tahun 1863 membuat booth harus cuti dari dunia akting, Perberbeda pendapat tentang masalah perbudakan dengan presiden Lincoln, pada tahun 1865, booth berencana menculik presiden. karena rencana tersebut gagal, booth semakin kesal dengan presiden dan memutuskan menembak lincoln pada 14 april 1865 di washington ford teater, dia menembak presiden sambil berteriak "sic senpre tyrannis, the south is avenged". setelah menembak presiden booth melompat dari panggung teater sehingga mematahkan kakinya, tapi ia berhasil lolos dari kerumunan warga yang ingin menangkapnya. pada tanggal 26 april 1865 polisi berhasil melacak keberadaan booth, Booth di temukan di sebuah gudang di virginia, polisi membakar gudang tersebut agar booth keluar dari persembunyiannya, tapi booth tetap didalam, setelah api melahap gudang tersebut, booth keluar dengan merangkak dengan penuh luka bakar, ia meniggal beberapa menit setelah itu.

2. Charles J. Guiteau Pembunuh James A garfild



James A Garfild adalah presiden kedua amerika yang mati karena ditembak, penembakan terjadi pada 2 juli 1881 di statsiun Baltimore and potomac railroad, Alasan pembunuhan karena Guiteau beanggap bahwa dia adalah salah satu juru kampanye yang paling berjasa untuk memajukan garfild sebagai presiden, dan dia meminta bagian atas jasanya tersebut. Sebelu menembak Guiteau sempat berteriak " i am a Stalward of the Stalward,, Arthur is the President now...!". Tapi Garfild tidak langsung meninggal setelah penembakan, ia dirawat sebelas minggu oleh tim dokter sebelum menghembuskan nafas terakhirnya. Guiteau di jatuhi hukuman gantung pada tanggal 30 Juni 1882.

3. Leon Frank Czolgosz Pembunuh William McKinley






Czolgosz adalah anak dari imigran asal polandia, dari kecil czolgosz sudah senang membaca artikel tentang arnakisme yang mempengaruhi pola pikirannya hingga dewasa. setelah dewasa ia bekerja di sebuah pabrik baja sebagai buruh. Ia selalu berfikir adanya ketidakadilan di Amerika, yang miskin bertambah miskin dan yang kaya bertambah kaya dengan memanfaatkan yang miskin. pada tanggal 31 Agustus 1901 Czolgosz melancarkan aksinya, ia menembakan tembakan dua kali kepada presiden McKinley, McKinley tersungkur kebelakang dan para penjaga mengerumuni Czolgosz, pada saat tersebut prsiden mengatakan "Go easy on him boys, he could not have known".
McKinley meninggal setelah 12 hari setelah kejadian tersebut, dan pada tanggal 29 Oktober Czolgosz dihukum mati dengan cara di sengat dengan kursi listrik, kata-kata terakhir Czolgosz adalah "i killed the president because he was the enemy of the good people, the working people".

4. Lee Harvey Oswald Pembunuh Presiden John Fiztgerald Kennedy




Lee Harvey Oswald lahir di new orleans pada tanggal 31 oktober 1939, kehihupan kecil oswald sangat berat, ia dikenal sebagai siswa yang nakal di sekolahnya. Pada saat masih muda ia mergabung dengan Us Marines, keanggotaannya dimiliter berakhir karena ia ingin tinggal di Rusia, Dengan izin super ketat akhirnya Oswald berhasil tinggal di minsk dan menikahi Marina Prusakova. tapi beberapa tahun setelah itu ia kembali ke amerika beserta istrinya. Pada 22 November 1903 oswald menjalankan misinya, ia menembakan tiga peluru ke kepala sang presiden yang sedang berarak-arakan melalui gedung lantai 6 tempatnya bekerja. beberapa jam setelah itu oswald di tangkap atas tuduhan pembunuhan, dan presiden meninggal di rumah sakit parkland Memorial. Alasan pembunuhan Olswald masih menjadi kospirasi hingga saat ini, ada beberapa orang yang berpendapat bukanlah oswald yang membunuh presiden. Oswald meninggal karena di tembak oleh jack Ruby pada 24 november 1963, penyidikkan memberikan penjelasan bahwa ia kesal dengan pembunuhan presiden yang di lakukan Oswald.



Bacaan Yang Laen Umum

0 komentar :

Posting Komentar