Minggu, 27 Juli 2014

Langkah Awal Memulai Usaha Sendiri

Selamat Sore

Di kesempatan ini saya akan membahas tentang usaha, jika anda tinggal di kota yang memiliki satu univesitas terkenal, dan setiap tahun universitas tersebut menghasilkan ribuan wisudawan, apakah anda pernah berfikir, Apa yang akan mereka lakukan setelah wisuda?. kebanyakan dari mereka akan memasuki tahap tersulit dalam hidup, yaitu pengangguran.

Hanya sebagian kecil dari para wisudawan muda tersebut yang berhasil mencari pekerjaan dalam hitungan minggu, kebnyakan mereka akan mendapatkan pekerjaan dalam hitungan bulan atau mungkin tahun. hal tersebut yang harus kita rubah, para wisudawan tersebut harus di cetak ulang pola berfikirnya agar setelah lulus tidak mencari pekerjaan tetapi menciptakan pekerjaan.

berikut beberapa langkah yang yang mungkin bisa membantu para wisudawan muda untuk menciptakan lapangan pekerjaan :
 1. Mempersiapkan mental

Pertama yang harus disiapkan adalah mental. Mental wirausaha berbeda dengan karyawan. Karyawan biasanya menghabiskan gaji bulanannya tanpa memikirkan cara untuk mendapatkan lebih. Sedangkan, pengusaha harus menginvestasikan sebagian penghasilannya untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar, para wirausaha juga harus tahan banting, karena tidak semua film india langsung berakhir dengan bahagia, sang pemeran utama harus berusaha mengalahkan si penjahat untuk mendapatkan pujaan hatinya.

2. Fokus

Fokuslah pada satu bidang usaha yang anda geluti. Banyak pengusaha yang gagal saat mulai berkembang, karena tidak fokus pada bisnis awalnya, melainkan terlalu banyak ingin mencoba bidang usaha lain. Sebaiknya, bersabarlah dahulu agar satu bidang bisnis berjalan hingga sukses. Setelah itu, barulah melebarkan sayap ke bidang bisnis yang lain.

3. Promosi

Sebarkan informasi barang dagangan atau usaha jasamu ke semua orang, caranya bisa melalui promosi dari mulut ke mulut, media sosial, door to door, brosur, pamflet, dll. saya rasa media sosial merupakan cara terampuh untuk promosi, kamu bisa menyebar produk yang kamu jual keteman-temanmu di FB atau Twiter.
walapun anda memiliki barang atau jasa yang berkualitas, tentu sangat tidak berguna barang dagangan anda jika tidat seorang pun tahu kalau anda memilikinya. maka promosi merupakan salah satu hal terpenting dalam membuka usaha, dan juga bisa menentukan kesuksesan usaha anda di masa depan.

4. Resiko

Membangun bisnis, tentu saja ada risikonya. oleh karena itu kamu harus mempelajari resiko-resiko yang dapat timbul dari usaha yang kamu jalani, agar kamu dapat meminimalisir resiko yang kemungkinan akan timbul, janga pernah mencoba usaha yang memiliki resiko besar, berusahalah dari usaha kecil, dan jika usahamu sudah mulai berkembang tingkatkan lage usahamu tersebut ke level selanjutnya.


Demikian beberapa langkah yang bisa saya bagikan untuk hari ini, namun hal yang terpenting adalah keberanian untuk memulai, jangan terlalu banyak berfikir, usaha membutuhkan aksi yang nyata, penjahat film india akan selalu berkuasa jika sang pemeran utama terlalu banyak berfikir untuk melawannya, lakukanlah yang terbaik yang anda mampu berikan pada usaha anda, dan Tuhan akan memberikan hal yang layak atas jeri payah anda.

Bacaan Yang Laen Umum

0 komentar :

Posting Komentar