Sabtu, 26 Juli 2014

Selamat Siang

Lebaran sebentar lagi akan tiba, kita sebagai warga indonesia sudah biasa dengan suatu fenomena alam yang pasti akan terjadi setiap lebaran pada setiap tahunnya.anda benar,, hal yang selalu kita sebut "MUDIK". hampir seluruh perantau akan kembali ke tanah kelahirannya pada saat itu, jadi bisa anda bayankkan keramaian yang terjadi dan kegarangan yang meningkat di jalan raya pada saat itu.

berikut ini akan saya sampaikan beberapa informasi tentang keamanan dan kenyamanan pada saat mudik:



1. Cek Kondisi Kendaraan 

Jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. bila perlu anda bisa membawa kendaraan anda ke benkel untuk di periksa apakah semua onderdil berfugsi dengan baik, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan pada saat mudik berlangsung. Siapkan pula suku cadang kendaraan dan sejumlah peralatan yang mungkin diperlukan selama perjalanan. Misalnya ban cadangan, dongkrak, obeng, busi, sekring, tali rem, tali kopling, tukang pres ban,,,,Maaf salah. tukangnya jangan di bawa juga.

2. Cek Kondisi Pengendara

Selain kendaraan, sang pengendara harus di cek terlebih dahulu,tidak perlu ke bengkel seperti mobil atau ke dokter specialist untuk hal ini(menghemat dana mudik), and hanya perlu untuk memastikan kondisi badan anda dalam keadaan fit, dan dengan istirahat cukup sebelum mudik, banyak minum air putih, karena selama berpuasa kita akan kekurangan cairan, konsumsi makanan berkarbohidrat, sangat disarankan sebelum berkendara jarak jauh sebaiknya mengkonsumsi makanan karbohidrat tinggi dan kompleks seperti beras merah atau gandum. Karena jenis makanan tersebut lebih lama dicerna, jadi rasa lapar bisa ditunda lebih lama. dan yang terpenting jangan sampai memaksakan diri mudik dengan kondisi badan yang kurang sehat, sangat berbahaya bagi diri anda, keluarga dan yang terpenting barang bawaan anda.

3. Barang Bawaan tertata dengan rapi
 
Selain bawa diri, kendaraan, setiap mudik diwajibkan membawa barang (oleh-oleh buat keluarga di kampung). Demi keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan, barang bawaan jangan sampai berlebihan dan ditempatkan dengan cermat. Usahakan barang-barang yang intensitas penggunaanya cukup tinggi diletakan pada tempat yang mudah anda jankau, seperti air minum, obat-obatan, dompet dll, dan barang barang seperti pakaian, linggis, kunci inggris bisa anda letakan pada bagian terbawah koper anda.

4. Istirahat secara berkala

Melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik lebaran membutuhkan tenaga extra. Tujuannya sudah pasti agar selamat sampai kampung halaman.berkendara adalah sesuatu yang sangat melelahkan, mungkin bagi beberapa orang tidak terlalu capek,, tapi tidak bagi mata anda, mata anda tidak bisa berbohong, rasa ngantuk akan selalu menghampiri jika sudah terlalu lala atau melelahkan. Jangan pernah memaksakan diri anda jika terlalu lelah, jika anda tidak perduli pada diri anda, perdulilah pada keluarga yang menunggu anda di rumah atau keluarga yang menunggu oleh- oleh dari anda. Ada banyak tempat yang bisa di jadikan tempat untuk beristirahat sejenak seoerti SPBU, warung-warung disekitar jalur mudik.

5. Gunakan pengamanan yang lengkap
hal terindah pada saat mudik adalah ketika anda sampai pada tujuan, maka gunakanlah pengaman yang sesuai standard agar perjalanan anda aman. seperti helm, jaket, masker dll.jika perlu bawa cadangan agar jika hilang atau dipinjam oleh teman anda masih memiliki cadangan. periksa kembali peralatan dan barang bawaan anda secara berkala, tindak kejahatan akan meningkat pada saat mudik, 


Demikian beberapa info dari saya tentang cara meningkatkan keamanan dan kenyamanan pada saat mudik, jangan pernah lengah selama perjalanan, tingkatkan kewaspadaan anda agar keluarga di rumah bisa melihat senyum manis anda pada saat hari raya idu fitri. :)

Bacaan Yang Laen Umum

0 komentar :

Posting Komentar