Minggu, 27 Juli 2014

Ajarkan kepada anak anda

Selamat Siang

Seperti yang kita ketahui masa anak-anak adalah masa yang paling inda, kita tidak pernah perduli dengan kenaikan harga BBM, pemilihan Presiden, Atau dengan nilai kurs mata uang yang terus melambung, yang kita lakukan pada saat itu adalah bermain dan bersenang- senang. Tanpa di sadari oleh beberapa orang, sebenarnya masa anak-anak adalah masa terpenting dalam hidup kita, pada saat itu kita akan di hadapi dengan masalah-masalah yang secara tidak langsung membangun pola pikir dam mental kita di masa depan, oles sebab itu ada beberapa hal yang harus kita pastikan anak-anak kita mendapatkan pelajaran atau pendidikan yang seharusnya anak kecil dapatkan, seperti,:


1. Kejujuran

Salah satu hal terpenting dalam hidup kita adalah kejujuran, hidup akan tidak berarti apabila kita meraih segala hal yang kita miliki melalui kebohongan,ajarkan anak untuk selalu jujur dalam segala hal. Oleh karena itu mulailah bersikap jujur pada anak anda, agar anak anda mulai meniru kebiasaan anda dari kecil apalagi karena alasan menakuti atau sekedar mengancam. Jadi sebaiknya, dalam keadaan apapun jangan sekalipun membohongi anak. Kalaupun anak bertanya yang aneh, sulit untuk menjawab, atau tidak pantas, Anda bisa memberitahukan bahwa hal itu kurang pantas dan belum saatnya dia mengetahui. Ingat, merahasiakan sesuatu bukan berarti berbohong.


2. Mengucapkan kata tolong dan terima kasih

Bagi beberapa orang hal ini sangat biasa, uatau tidak perlu dilakukan. tapi, beberapa orang akan sangat menghargai anda apabila anda mau sedikit merendahkan diri anda untuk mengatakan "tolong" atau "terima kasih" setelah anda mendapatkan bantuan dari orang lain. Hal ini sangat penting bagi anak, mereka akan belajar untuk menghargai dan menghormati sesama dan hidupnya akan jadi mudah untuk selamanya. kata 'Tolong' dan 'Terima kasih' adalah kata yang ajaib dapat membuat Anak mudah untuk bergaul dan disukai oleh semua orang.

3.Buang sampahpda tempatnya

Jangan pernah biarkan anak anda untuk membuang sampah sembarangan, ajarkan pada mereka untuk bertanggung jawab kepada apa yang sudah mereka perbuat, jika setelah makan biasakan buang sampah pada tempatnya. Terapkan kebiasaan ini kedalam kehidupan anak anda agar mereka terbiasa untuk bertanggung jawab kepada diri mereka sendiri.

4. Menghormati yang lebih tua

Apaka anda ingin anak-anak jika sudah beranjak dewasa mulai tidak menuruti orang tua? Mereka membantah apa yang anda perintahkan? ti dak menuruti anda?, jika anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi, ajarkan anak anda untuk menghormati orang yang lebih tua. INGAT "hormat" dan "takut" adalah dua kata yang sangat berbeda, jangan buat anak anda takut kepada anda, tapi buatlah mereka menghormati anda, anda tidak perlu sampai memukul atau menyakiti mereka, yang mereka butuhkan adalah ketegasan, penghargaan jika melakukan sesuatu dengan baik dan hukuman jika melakukan kesalahan. dan juga ajarkan mereka untuk menghormati orang lain yang lebih tua dari mereka, ajarkan mereka untuk menghormati meski dengan pengemis sekalipun, agar mereka mengerti bahwa meskipun mengemis, mereka juga manusia yang layak untuk di hormati dan dihargai.

5. Disiplin

Hal yang dicontoh langsung oleh generasi penerus kita, mereka akan selalu berfikir lebih baik terlambat atau tidak sama sekali. ajarkan sikap disiplin ini kepada anak anda sejak dini seperti, bangun pagi, berangkat sekolah tepat waktu, menepati janji dll, hal ini yang dapat mempengaruhi diri anak anda di masa depan. hal ini bisa anda berikan contoh pada diri anda sebagai orang tua agar mereka mulai terbiasa melakukan hal tersebut

Buah tidak akan pernah jatuh jauh dari pohonnya, bagaimanapun sikap, perbuatan dan tingkah laku anak anda, mereka tetap menjadi anak anda, jika mereka dapat memilih, mungkinkah mereka akan memilih anda sebagai orang tua mereka, dan untuk anak-anak penerus bangsa, hormati orang tua anda karena jika mereka bisa memilih, apakah mungkin anda yang akan mereka pilih sebagai anak mereka.




Bacaan Yang Laen Umum

0 komentar :

Posting Komentar