Senin, 28 Juli 2014

Gunung rinjani


Pada kesempatan kali ini saya ingin membagi pengalaman tentang gunung rinjani, sebagai salah seorang warga lombok, nusa tenggara barat, sangat di sayangkan apabila belum pernah mencoba atau menikmati keindahan pulau lombok dari puncak tertinggi di pulau ini, melalui tulisan ini saya ingin membagikan cerita dan pengalaman (klo bagi2 duitnya besok2 yha) saya selama mendaki gunung ini.

Gunung rinjani merupakan gunung yang terbesar di pulau lombok, Gunung yang merupakan gunung merapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. kata beberapa pendaki, jika anda pernah atau bisa menaklukan gunung ini maka seluruh gunung di indonesia pasti anda bisa daki.

yang pertama muncul dalam benak anda ketika mendaki gunung adalah keklelahan, dan jika anda
berfikir seperti itu maka anda benar sekali, anda akan mencapai titik terlemah dalam diri anda, akan di hadapi oleh situasi dimana anda harus berfikir, bekerja, dalam keadaan lelah dan letih (horor neh), ketika anda melewati jalur sembalun, anda akan dihadapi dengan dua pilihan berat, ada dua jenis bukit yang anda harus pilih untuk didaki (ngarepnya sih yang kiri ato yang kanan), tapi bukit yang dua ini di beri nama bukit penyesalan dan bukit penyiksaan.

Bukit Penyiksaan -  Perbukitan terjal ini akan membuat anda tersiksa karena tanjakan yang seakan tak pernah habis. Disini anda akan menemukan puncak semu, dari kejauhan seperti puncak bukit tetapi sebenarnya bukit-bukit berikutnya masih tertutup kabut.

Bukit Penyesalan - tanjakannya relatif lebih landai tapi jarak tempuh lebih lebih lebih atau sangat lama. Tapi di sepanjang perjalanan hari itu, pemandangan sangat luar biasa, seperti berjalan diantara dua jurang dengan pemandangan karpet hijau rumput liar.

silahkan dipilih,,,,,,!!!!!

 Jika anda bertemu sseorang yang pernah mendaki gunung rinjani dan dia berkata tidak lelah atau capek, itu adalah kebohongan besar, jangan percaya dengan orang itu, tapi ketika anda sampai pada pos pelawangan sembalun, semua kelelahan yang anda miliki di bayar tunai oleh pemandangan yang selama ini hanya nikmati melalui laptop anda,  sebuah pemandangan yang seharga dengan kelelahan anda, tungu dulu ini baru sebagian dari perjalanan anda, pelawangan sembalun merupakan pos terakhir untuk menuju puncak tertinggi di lombok.

Perjalanan sebenarnya ada pada malam hari ketika summit attack, sembalun lawang ada pada ketinggian 2700 dpl, dan puncak rinjani pada 3726 dpl, entah mengapa perjalanan harus dimulai pada malam hari,, dan pada saat matarari terbit di ufuk timur, pertanyaan saya terjawab, jalur yang anda lewati hanya selebar 1 meter, dan disebelah kiri atau kanan anda ada jurang yang menganga lebar, bayangkan jika anda salah melangkah atau kurang konsentrasi dalam menjajaki kaki anda mungkin kisah anda berakhir di gunung ini.

Batas maksimum diri anda akan diuji di tahap ini, tidak ada yang bisa anda harapkan pada saat ini, hanya ada diri anda dan seluruh badan anda sebagai senjata untuk menghadapinya, di tahap ini anda akan merasakan keinginan untuk menyerah, atau membuktikan diri anda layak untuk duduk di atas puncak tertinggi di lombok atau anda akan pulang dengan tangan hampa,, hanya satu hal yang akan anda selalu ingat ketika berada di puncak gunung rinjani yaitu " anda tidak akan pernah menyesal untuk sampai di puncak itu dan puncak tertinggi kemampuan anda"






Bacaan Yang Laen Pengetahuan Alam

0 komentar :

Posting Komentar